KEPEDULIAN SOSIAL


Corporate Social Responsibility (CSR) ialah sebuah pendekatan dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial di dalam operasi bisnis mereka dan dalam interaksi mereka dengan para stakeholder berdasarkan prinsip kemitraan dan kesukarelaan (Nuryana, 2005).

Sering kita mendengar kata-kata CSR saat ini, apalagi mungkin ketika musim mudik, media memberitakan ramainya mudik bareng yang dilakukan beberapa perusahaan di Indonesia, karena dapat memberikan citra positif untuk perusahaan di mata masyrakat atau pemerintah. Tetapi pernahkah anda mendengar CSR yang dilakukan usaha kecil?

Mungkin lebih dikenal sebagai bentuk tanggung jawab sosial untuk usaha kecil, contohnya di rumah saya ada sebuah toko sembako yang penjaganya adalah seorang anak muda dan kebetulan satu RT dengan tempat tinggal saya, ketika memasuki bulan Agustus perlombaan sering diadakan di komplek saya tinggal, lomba sepak bola ataupun bola basket, Rt saya pun tentu mengikuti perlombaan tersebut, ketika ada perlombaan sepakbola toko ini sering memberi tim kami konsumsi berupa minuman ringan tanpa diminta. Inilah salah satu contoh bentuk kepedulian sosial yang dilakukan oleh toko sembako tersebut.

No comments:

Post a Comment