KEADILAN DALAM BISNIS (KEADILAN KOMUTATIF)


Keadilan komutatif, pernahkah anda mendengar kata keadilan komutatif? dalam bisnis keadilan komutatif adalah keadilan tukar, atau dengan kata lain keadilan komutatif menyangkut pertukaran yang fair antara pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

Saat kita membeli sesuatu dan menerima kembalian yang lebih dari seharusnya, apa yang anda lakukan? Jika anda menerima kembalian lebih dari pedagang yang saat itu mungkin sedang sibuk karena pelanggan yang banyak dan anda tahu dan tidak memberitahu pedagang tersebut lalu pergi dengan terburu-buru, maka bisa dikatakan tidak ada keadilan dalam jual beli tersebut, karena pedagang mengalami kerugian tanpa di sadari dan anda tidak mengembalikan apa yang bukan menjadi milik anda.

Begitu juga sebaliknya, sebagai contoh baru-baru ini saat membeli sebuah minuman ringan disebuah toko dengan harga Rp.3.500 kemudian saya pun membeli makanan ringan seharga Rp. 2.000, setelah membayar semua saya pun langsung bergegas pergi, tidak lama kemudian pemilik toko memanggil saya kembali karena minuman ringan yang tadi saya beli belum terbawa. Disinilah keadilan komutatif terjadi saat pembeli dan pemilik toko menerima dengan fair apa yang menjadi miliknya masing-masing.

No comments:

Post a Comment