KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BISNIS


Bisnis adalah kegiatan menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan, namun bagaimana bila dalam bisnis kita tidak mengindahkan etika yang berlaku. Ada anggapan bahwa bisnis yang mematuhi aturan moral akan berada dalam posisi yang tidak menguntungkan ditengah persaingan yang ketat, mereka hanya sebatas mencari keuntungan sebanyak-banyaknya untuk diri mereka sendiri.

Berikut mungkin bisa dikatakan contoh yang bisa kita pelajari, dekat rumah saya ada sebuah toko plastik dan kebutuhan untuk membuat kue, memang toko ini hanya satu-satunya yang menjual perlengkapan kebutuhan kue di dekat rumah, bisa dikatakan barang-barangnya cukup lengkap dan murah, tetapi suatu hari saat saya disuruh membeli frambozen(bener ga ya tulisannya?) saya pergi ke toko ini, ketika saya datang sang penjual sedang asik menonton televisi, saya pun langsung masuk ke toko dan menanyakan” ada frambozen ga mas?” melihat sebentar kemudian dia pun menjawab “ga tau ya, kayanya ga ada deh” tanpa beranjak dari tempat duduknya dan mencarinya dia langsung menjawab seperti itu, kemudian saya pun langsung pergi dari toko tersebut. Mungkin toko ini bagus, mungkin harganya murah, atau mungkin sudah kebanyakan duit ya? jadi untuk satu barang yang tidak mahal dia menjadi seenaknya dalam melayani pembeli yang datang. Ini lah contoh suatu bisnis yang tidak memperhatikan etika.

No comments:

Post a Comment